Haruskah Cincin Kawin Selalu Menggunakan Emas dan Dihiasi Berlian ?

Ini merupakan pertanyaan umum terutama di benak para generasi millenials. Mengenai harus atau tidaknya cincin kawin menggunakan emas dan berlian selalu ada di benak para calon pasangan pengantin sekarang ini.

Cincin Kawin Batu Permata


Sebetulnya, tidak ada satu syarat pun yang mengharuskan penggunaan berlian pada sebuah cincin kawin. Untuk logam memang ada syaratnya pada rukun nikah di Agama Islam, namun logam tidak hanya emas, bisa memakai Silver.

cincin kawin batu permata


Dengan demikian, cincin kawin dapat memakai silver dan batu permata. Cincin kawin memakai batu permata akan lebih indah ketimbang memakai berlian. Jargon "Diamond is Forever" sudah tidak relevan lagi untuk sekarang ini, karena memang tidak ada yang abadi di dunia ini.

Cincin kawin batu permata menggunakan bahan logam perak atau Silver 925 dapat meringankan biaya nikah anda dan calon pasangan mempelai anda. Kita bisa lihat biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan paling kurang Rp. 50 juta hingga Rp. 100jt. Dalam ekonomi sesulit ini, tentu nikah siri online menjadi alternatif bagi pasangan yang mau menikah, namun sekali lagi nikah siri online adalah suatu kesesatan, sebab tidak memenuhi syarat rukun menikah dan juga melanggar hukum.

Untuk memudahkan rencana pernikahan anda, cincin kawin batu permata dapat menghemat belasan hingga puluhan juta rupiah. Sehingga, anda memiliki dana lebih untuk sewa gedung pernikahan, cetak undangan, dan katering pernikahan.

Produksi Cincin Kawin di Era Digital Semakin Mudah

Anda dapat melihat model cincin dengan batu permata secara online, kemudian beli batu permatanya pada toko batu permata online, dan kirim design atau foto cincin nikah tersebut ke tempat pembuatan cincin.

Ada cara lain yang lebih mudah, yakni membuat cincin dengan Printer 3D, namun biaya pembuatannya lebih sedikit mahal. Biaya pembuatan cincin kawin dengan printer 3D sekitar Rp. 1 juta hingg 1.5 juta sudah termasuk bahan Silver 925. Jika dengan emas, biayanya akan berbeda sekitar Rp. 1 juta hingga 2juta.

Batu permata yang ideal untuk cincin nikah adalah Batu Zamrud, Safir dan Ruby. Akan tetapi dalam hal ini, saya lebih memilih zamrud karena warna hijau nya yang indah lebih pas untuk momen terindah dalam hidup. Namun ini tergantung selera, bahkan orang-orang di Amerika dan Eropa banyak menggunakan Batu Opal untuk Cincin Nikah mereka.

Harga batu zamrud yang bagus memang tergolong lumayan, akan tetapi masih lebih murah daripada berlian. Sebagai perbandingan untuk ukuran zamrud 1 carat harganya berkisar Rp. 1 hinggga 10 juta. Sedangkan berlian 1 carat harganya dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Akses atau hiasan di pinggir batu utama, dapat memakai butiran berlian atau butiran permata safir putih. Ini tidak akan terlalu mahal, hanya berkisar Rp. 500rb hingga 2.5 juta rupiah.

Nah.. untuk anda yang ingin segera melangsungkan pernikahan, anda tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk mengumpulkan dana. Jika sudah menikah dan ada kelebihan rezeki lagi, anda dapat membuat cincin perayaan pernikahan anda dan pasangan anda dengan menggunakan berlian.

Komentar