Haruskah Batu Zamrud Yang Bagus itu Dari Colombia ?

Haruskah Batu Zamrud Yang Bagus itu Dari Colombia ?



Pada dasarnya, batu mulia apapun termasuk berlian sekalipun, akan di nilai dari keindahan yang dapat di definisikan oleh mata.
Faktor penentu kualitas batu mulia itu antara lain :
  • Warna
  • Kejernihan
  • Nyala Cahaya / Luster
  • Bentuk dan kerapihan potongan (cutting)
  • Besar atau berat batu mulia

Batu Zamrud Brazil

Untuk lebih memiliki dasar dalam menentukan kualitas batu zamrud, kita bisa lihat pada video Batu Zamrud dari Brazil dibawah ini.
Nah setelah melihat video Batu Mulia Zamrud Brazil di atas, tentunya dapat kita lihat keindahan batu mulia tersebut. Warna hijau yang menentramkan, didalamnya menyala cahaya kristal yang dinamis responsive mengikuti refleksi cahaya.
Oleh karena itu, tidak selalu batu zamrud yang bagus itu dari Colombia. Perlu kita ketahui juga, bahwa batu zamrud di Colombia sudah tidak boleh di gali lagi oleh pemerintah setempat.
Semua tambang batu zamrud di Colombia tutup.. menyusul tambang batu zamrud di Zambia. Maka, beruntunglah bagi anda yang telah memiliki Batu Zamrud Colombia dengan kualitas seperti disebutkan diatas, baik 1 carat apalagi 20 carat ke atas yang harganya bisa lebih fantastis dari berlian sekalipun.
Silahkan lihat info lengkap Batu Zamrud dari Brazil tersebut diatas.

Kualitas Batu Zamrud Colombia

Batu zamrud Colombia kualitasnya juga beragam. Jika buram (Opaque), harganya pun tidak bisa mencapai jutaan rupiah apalagi milyaran rupiah walau besar.
Namun, batu zamrud colombia terkenal dengan warna Yellowish Green, dan dari tambang Muzo dengan warna Bluish Green yang dulu memiliki kristal yang bening.
Tentunya dari tahun ke tahun, zamrud colombia yang berkualitas bagus sudah terkikis habis. Sisanya adalah yang dari bagian permukaan saja. Dan apalagi sekarang tambang batu zamrud di Colombia sudah tutup karena stok juga semakin sulit dan kemudian dilarang pemerintah (seperti di Rusia, dan juga di ikuti juga oleh pemerintah Zambia).
Oleh karena itu, sekarang kita harus berhati-hati. Banyak batu zamrud dari India dan Thailand yang beredar di pasaran Indonesia yang merupakan Dyed Beryl, bukan batu zamrud. Namun terkadang di hasil cek lab batu mulia masih ada saja yang salah kaprah menyatakan definisi dan mereka tetap sebut “Natural Emerald” dengan catatan “Heavy Treatment” atau sejenisnya.
Pada dasarnya, batu zamrud setelah di tambang dari perut bumi, cukup di rendam pada “chedar oil” minyak nabati tanpa pewarna. Treatment ini dilakukan pada seluruh batu zamrud untuk menghilangkan sedimen kotoran yang menempel.
Batu zamrud memang dari golongan Beryl. Akan tetapi, Beryl itu sangat jelas definisinya, jika terdapat unsur biru yang menyeluruh maka di definisikan sebagai Aquamrine. Demikian definisi batu zamrud, jika terdapat unsur warna hijau yang rata dan menyeluruh maka dapat di kategorikan sebagai “Natural Emerald”.
Sedangkan yang unsur warna hijaunya sedikit, inilah yang di rendam pada cairan sepuhan berwarna hijau. Dan “di jual” sebagai zamrud asli, padahal bukan. Batu beryl tersebut jika di cek pada Lab Batu Mulia yang berstandar internasional akan dinyatakan sebagai “Dyed Beryl”.
Demikian informasi ini, semoga berguna bagi para penggemar batu mulia di seluruh Indonesia.

Komentar