Perbedaan Batu Zamrud Asli dengan Zamrud Abal Abal dan Zamrud Palsu

Beberapa saat terakhir banyak kami perhatikan beredarnya batu mulia yang dijual sebagai "Batu Zamrud" atau "Natural Emerald" dengan carat yang besar dan harga ratusan ribu rupiah..

Sejatinya, batu zamrud pada saat ini merupakan batu mulia yang cukup langka terutama untuk yang berkualitas bagus.

Berikut Perbedaan Zamrud Asli dan Yang Palsu serta Abal-Abal.

 

Zamrud Palsu

Banyak disamarkan dengan istilah Chatam yang merupakan kaca yang dibentuk untuk menyerupai batu zamrud, atau ada juga yang menyatakan Zamrud Kalimantan yang nyatanya adalah Obsidian Hijau.
Untuk batu zamrud palsu ini harganya berkisar puluhan ribu rupiah, bahkan ada yang menjual ratusan ribu rupiah.

Zamrud Abal-abal

Batu mulia ini adalah Beryl, memang batu zamrud termasuk golongan Beryl.. akan tetapi untuk dapat dinyatakan sebagai "Natural Emerald" atau Zamrud Alami maka batu beryl tersebut harus memenuhi syarat warna hijau di seluruh bagian batu mulia tersebut. Sedangkan Zamrud Abal-Abal ini merupakan Beryl yang hampir colorless atau tidak memiliki warna hijau yang cukup untuk dikatakan sebagai Batu Zamrud, hanya saja biasanya batu zamrud abal-abal ini sudah disepuh pada cairan pewarna atau di dunia perbatuan dikenal dengan nama Dyed Beryl.

Untuk Dyed beryl atau zamrud abal-abal ini harga yang kami temui berkisar ratusan ribu rupiah saja untuk 5 carat ke atas .. seandainya zamrud asli beneran tentu harganya sudah puluhan juta rupiah karena yang memburu batu zamrud bukan hanya di Indonesia saja tapi dari seluruh Dunia :d

Beryl jika berwarna kuning maka disebut heliodor, jika pink maka disebut morganite, jika biru maka disebut aquamarine, dan khusus untuk hijau jika warna hijaunya menyeluruh maka dapat dikatakan sebagai Zamrud, sayangnya banyak pedagang batu dari belahan dunia sana yang merendam beryl yang warna hijaunya sangat minim ke cairan pewarna berwarna hijau dan dijual sebagai zamrud dan lebih parahnya lagi mereka membuat sertifikat cek keaslian batu mulia sendiri sehingga dapat mendefinisikan sesuka hati mereka demi uang.. waspadalah.. banyak kami temui batu zamrud abal-abal ini di beberapa marketplace online ternama di Indonesia.

Zamrud Asli

Sejatinya batu zamrud yang asli memiliki unsur warna hijau yang menyeluruh, menyala cahaya luster di dalamnya karena menyerap energi disekelilingnya dan mentranspose dengan cepat didalam kristal batu mulia tersebut sehingga menimbulkan ion yang terlihat oleh mata seperti nyala cahaya.

Warna hijau pada batu zamrud dapat mendatangkan kesenangan pada mata, menentramkan dan menyejukan.

Sekilas semuanya hampir sama, namun tetap beda wujud dan keindahannya secara kasat mata, dimana batu zamrud asli tidak membosankan untuk dipandang secara terus menerus.

Untuk itu kami berikan contoh batu zamrud asli sebagai referensi anda dalam membeli batu zamrud.

Light Green Colombia Emerald VVS 2.22 carat Rectangular Zamrud Kolombia Hijau Medium 0.85 carat Zamrud Colombia Oval 1.88 carat Zamrud Kotak Indah 1.47 carat Batu Mulia Natural Top Green Emerald 0.90 carat Oval Square Cut Emerald 1.31 carat Zamrud Tetes Air 0.66 carat Batu Zamrud Oval Hijau Bening 1.06 carat

Kami tidak memberikan gambar zamrud palsu atau chatam atau zamrud kalimantan, dan juga zamrud abal-abal atau dyed beryl.. agar anda dapat terbiasa melihat batu zamrud asli seperti foto diatas.

Selalu lihat video dari produk batu mulia yang ditawarkan, dan lihat baik-baik hasil cek keaslian batu mulianya, jika commentnya menyatakan "Dyed" atau "Colored" maka kemungkinan besar batu mulia ini adalah dyed beryl .. bukan batu zamrud. Lebih aman jika hasil cek lab nya dari IGL ASIA karena lab ini telah menjaga nama baiknya dengan kredibilitas dan independensi sejak tahun 1979.

Komentar