Batu Zamrud dan Harga Pasarannya di Dunia

Batu Zamrud sudah banyak dikenal dan diskai orang sejak dari jaman sebelum masehi. Batu zamrud adalah batu mulia yang memiliki warna hijau dengan nyala cahaya neon di dalamnya.

World Emerald Price

Pada beberapa tahun yang lalu harga natural emerald di dunia mengalami 2 kali kenaikan dan hingga saat ini masih naik 100%, karena supply nya semakin sedikit. Beberapa tambang seperti di Colombia, Zambia sudah di tutup.

Investasi pada batu zamrud hanya digemari oleh para investor yang memiliki jiwa seni tinggi, lain halnya para koruptor .. mereka tidak suka ber investasi pada batu zamrud .. ini memang suatu alamiah sehingga koruptor mudah di lacak kemana uang hasil curiannya di larikan. Ini adalah suatu fenomena lain tentang batu zamrud.

Batu jamrud ini setelah keluar dari tambang akan di bersihkan menggunakan colorless oil, untuk memisahkan kotoran mineral sedimen pada permukaan bongkahan batu zamrut. Namun belakangan banyak beredar batu beryl yang di rendam pada minyak berwarna hijau dan di jual sebagai "Natural Emerald" seperti yang dinyatakan oleh beberapa laboratorium yang tidak jelas kredibilitasnya, dan ini membuat pengetahuan batu zamrud di Indonesia akan semakin lama untuk dipahami masyarakat. Karena dalam waktu 2 sampai 3 tahun barulah dyed beryl yang mereka nyatakan sebagai "Natural Emerald" akan pudar warna hijaunya dan akhirnya menjadi bening tanpa warna. Dan pada akhirnya, laboratorium batu mulia tersebut yang akan menuai juga hasil negatifnya.

Saat ini harga pasaran batu mulia hijau ini di dunia berkisar antara Rp. 1 juta per carat sampai 1 milyar per carat, tergantung kualitas kebeningan dan ketajaman cahaya serta ukurannya, semakin besar tentunya akan semakin jarang lagi ketersediaannya. Dalam hal ini hukum demand dan supply tetap berlaku pada batu zamrud secara alamiah.

Harga batu zamrud tersebut di atas adalah untuk batu jamrud asli, sedangkan untuk jamrut "dyed beryl" harganya berkisar ratusan ribu per carat. Tentunya walau sama-sama hijau tetap perbedaan kejelasan keindahannya jauh berbeda dengan batu zamrud asli.

Komentar