Cara Mengenali Batu Opal Asli dan Membedekan dengan yang Palsu

Batu opal yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama batu kalimaya ini memiliki keunikan keindahan permainan cahaya warna warni di dalam batu mulia tersebut. Baik pada batu opal bening maupun batu blackopal, permainan cahaya batu opal merupakan salah satu ciri khas yang dapat dikenali. Lantas bagaimana cara membedakan yang asli dengan yang palsu ?

Perbedaan Batu Opal Asli dan Palsu

Berhubung harganya yang cukup lumayan karena peminatnya yang semakin meningkat, batu opal banyak dipalsukan oleh beberapa pihak untuk tujuan ekonomi. Namun ada juga yang memang sengaja dibuat sintetisnya dan tidak bermaksud untuk menipu siapapun. Yang jadi masalah adalah jika batu opal palsu dijual sebagai batu opal asli atau natural opal. Berikut beberapa perbedaan batu opal alami dengan yang palsu ataupun sintesis.

Batu Opal Asli

Batu opal asli terutama untuk yang berwarna bening umumnya tidak di treatment, atau natural unheated yang agak berbeda dengan batu black opal asli. Black opal pada umumnya di treatment dengan smoke treatment untuk menambah gelap dan meningkatkan kecerahan jarong atau color play.

batu kalimaya dan black opal asli
opal bening asli yang belum di pasang dan yang sudah dijadikan liontin serta black opal asli yang terpasang pada cincin

Treatment black opal dengan smoke treatment merupakan normal treatment yang artinya hanya permukaannya saja yang di treatment dan struktur dalam serta elemennya tidak berubah, sehingga black opal yang di treatment dengan smoke tetap di akui sebagai Natural Opal oleh para ahli gemologi di seluruh dunia yang terpusat pada GIA.

Berbeda dengan treatment doublet dan triplet, treatment seperti ini tidak dapat diakui sebagai "natural opal" oleh para ahli gemologi, dimana batu opal asli juga dikenal sebagai "Solid Opal".

Car Mengenali Batu Opal Asli


  1. Perhatikan apakah batu opal tersebut memiliki kristal putih, atau transparan? Jika demikian, itu hampir pasti asli yang solid, dan anda sedang melihat sebuah opal putih atau kristal. Semua doublet dan triple dapat terlihat dari kristal yang buram atau tidak bening.
  2. Lihatlah sisi pinggir opal - jika ada perbedaan 'lapisan' terlihat, bisa jadi opal tersebut tidak solid atau di doublet atau triplet. Dalam hal ini, salah satu lapisan akan menjadi irisan tipis opal, melekat pada backing gelap. Sebuah triplet akan memiliki lapisan ketiga yang sangat jelas terlihat pada lapisan kubah di atas opal.
  3. Lihat permainan cahaya warna warni batu opal tersebut, jika terlalu tajam dan polanya terlalu rapih maka kemungkinan batu opal tersebut palsu atau sintetis, ini juga berlaku pada batu blackopal dimana treatment doublet dan triplet pada batu black opal jarang ditemui.
  4. Permainan warna batu opal putih dan black opal asli adalah dinamis dan cukup abstrak, disinilah letak keunikan dan keindahan yang bernilai seni tersendiri pada tiap-tiap batu opal.
  5. Batu opal asli biasanya di tawarkan dengan tanggung jawab, artinya penjual yang mengatakan batu opal tersebut asli akan menawarkan para pelanggannya untuk cek keaslian pada lab batu mulia dan memberikan jaminan uang kembali 100% jika terbukti bukan "Natural Opal"

Asal Batu Opal

Sebetulnya darimana asal batu opal bukanlah penentu keaslian maupun kualitas, namun hanya sebagai pengetahuan umum saja. Umumnya batu opal berasal dari Afrika, di wilayah Wello, Ethiopia. Ada beberapa ditemui di Australia untuk Blue Opal dan di Indonesia untuk opal putih bening yang ditemui diwilayah Kalimaja, Banten dan Fire Opal dari Mexico serta juga ditemukan dari Wonogiri, Indonesia.

Mari lihat video batu opal asli:


Terlihat kualitas keindahan batu opal tersebut, yang mana tidak dapat ditemui pada batu opal palsu/sintesis. Keunikan permainan warna warni cahaya luster batu opal asli selalu berkesan alami dan abstrak.

Selain sangat penting untuk mengenali keaslian batu black opal juga tidak kalah penting untuk menentukan kualitas batu black opal asli karena sejatinya dalam membeli batu mulia adalah untuk disimpan atau dipakai sebagai cincin pada waktu yang cukup lama.

Batu Opal Palsu dan Sintetis

Opal palsu di Indonesia dibuat memakai batu sempur yang di berikan glitter dan resin. Namun secara mendunia, batu opal sintetis dikenal dengan nama "Gibson Opal" yang merupakan batu sintetis yang dibuat di laboratorium. Opal sintetis ini bisa sangat sulit untuk di identifikasi jika Anda belum memiliki banyak pengalaman, namun dapat dikenali perbedaanya dengan mencermati pola ciri khas batu opal asli. Jika sudah dibuat di laboratorium maka pola tersebut akan menampilkan warna-warna cerah dan sangat jelas bahkan terlalu jelas.

Pola jarong pada opal sintetis sering 'terlalu sempurna' dan terlalu jelas. Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah untuk selalu mencoba membeli dari pedagang yang dapat menawarkan cek keaslian pada tiap batu opal yang ditawarkan.

Komentar